Minggu, 06 Januari 2013

Tahukah Kamu

TAHUKAH KAMU ???

1)    Dahulu, Ayam bisa terbang
A
YAM termasuk kelompok burung. Dahulu, ketika masih hidup di alam bebas, ayam bisa terbang seperti burung. Dan asal kamu tahu sampai sekarang ayam hutan pun masih bisa terbang. Lalu mengapa ayam di sekitar kita atau ayam peliharaan kita sekrang tidak bisa terbang seperti burung ?? Karena ayam di sekitar kita atau ayam peliharan sudah dikasih makan oleh pemiliknya. Dan tubuh ayam menjadi berat sehingga ayam kesulitan untuk mengangkat tubuhnya. Selain itu, otot-otot sayapnya tidak lagi dilatih untuk terbang. Ayam yang dipelihara dalam kandang dan dilindungi oleh pemiliknya. Maka ayam itu tidak perlu lagi terbang untuk menghindari musuhnya.






2)   Jangkrik mengerik untuk berkomunikasi
J
ANGKRIK yang biasanya mengerik di sekitar kita biasanya hanyalah jangkrik jantan saja. Jangkrik adalah binatang yang aktif di malam hari. Itu dikarenakan mata jangkrik kurang tajam  pada saat di siang hari.  Dan dengan mengerik dia bisa memberitahu temannya bahwa dia ada di suatu tempat. Jadi walaupun di malam hari yang gelap mereka bisa tetap berkomunikasi. Biasanya suara mengeriknya ini juga digunakan untuk menjaga wilayahnya. Dan darimana suara mengerik tersebut ??? Ternyata suara jangkrik yang mengerik itu berasal dari bunyi yang di timbulkan karena gesekan sayap depan dengan sayap lainnya.


3)   Semut peka terhadap bau temanya
S
EMUT adalah
Apa yang akan terjadi kalau kita lupa menutup gula yang berada di toples ?? Dalam sekejap sekumpulan semut sudah mengerumuni toples yang lupa kita tutup tadi. Biasanya jejak mereka dari tempat makanan tercium oleh semut lain saat tiba disarangnya.  Oleh sebab itu semut semut dengan cepat menemukan di mana makanan berada dengan cepat. Pernahkah kamu mendengar “asam semut” ?? Asam semut adalah cairan khas yang dikeluarkan semut pada waktu dia membela diri terhadap musuh.
          SARANG semut sangat teratur. Sarang semut mempunyai banyak ruang dan terowongan. Dan ruang-ruang itu memiliki berbagai fungsi. Ada untuk tempat menyimpan telur, ada juga yang berisi kepompong atau berisi larva, ada juga yang berisi ratu semut, bahkan ada ruangan untuk menyimpan sampah. Dan di setiap ruangan selalu dijaga oleh semut-semut pekerja.
          ANTENA semut banyak fungsinya. Antenna semut itu bertujuan untuk berkomunikasi, juga berguna untuk jalan pulang ke sarang. Dalam keadaan gelap, antenna itu juga akan membantu semut untuk menemukaan jalan tanpa saling bertabrakan. Kegunaan lainnya adalah untuk mengenali semut-semut musuhnya.


by : veerna susan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar